Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dua Putra Toraja Ini Pegang Jabatan di SESKOAD

Selasa, 17 Mei 2022 | Mei 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-05-17T23:06:14Z

Brigjen TNI Johanis Payung, SE, M.Tr (Han)

PMTINEWS.com, Jakarta l Patut dibanggakan, kini ada lagi dua putra Toraja menjabat di lingkungan TNI, yakni di Sekolah Staf dan Kamando Angkatan Darat (SESKOAD). Keduanya adalah Brigjen TNI Johanis Payung, SE, M.Tr (Han) dan Kolonel Inf. Yusuf Sampetoding, S.IP. Johanis Payung adalah Dirlem (Direktur Lembaga) SESKOAD, salah satu jabatan penting di lingkungan Komando Utama lembaga pendidikan tertinggi milik TNI-AD. 


Johanis Payung dilantik 8 Pebruari 2022 lalu. Sedang Kolonel Inf. Yusuf Sampetoding menjabat Kadep (Ketua Departemen) Juang dan Doktrin SESKOAD. Jabatan ini diemban Yusuf Sampetoding sejak 15 Nopember 2021 sampai sekarang. Sebelum itu, ayah dua anak ini menjabat Kasrem 142/Tatag Dam XIV/HSN. Ia juga pernah menjabat Asops Kasdam VII/Cen, dan Dandim 1702/JWY Rem 172/PWY Dam XVII/Cen.  


Kolonel Inf. Yusuf Sampetoding, S.IP

Alumni Akmil 1995 ini, banyak mendapat penugasan di dalam negeri, antara lain, Ops Timor Timur 1998, Pamtas RI-PNG 2007 dan 2017, Pam Rahwan Papua 2009, dan Ops Pinang Sirih 2 tahun 2020. Tahun 1999, ia bertugas ke Australia dalam rangka Kartika Exchange. Pangkat Kolonel yang disandang terhitung sejak 1 April 2016. Sekilas, pria terlahir 1 Juni 1974 di Sorowako ini, menceritakan sedikit pengalamannya kepada Pimpinan Umum PMTINEWS, Drs Rony Rumengan, via WA, Senin (16/5).


Pengalamannya ketika detik-detik menegangkan operasi senyap Kopassus dan Kostrad membebaskan sandera di Papua. Saat itu, Nopember 2017, Yusuf Sampetoding bertindak selaku Asisten Operasi Pangdam VII/Cenderawasih. Proses pembebasan sandera di Banti, Kimbeli dan area longsoran Distrik Tembagapura, diawali dengan operasi senyap 13 personel Kopassus dan 10 personel Tim Intai Kostrad. Warga yang diisolasi KKB dievakuasi ke Tembagapura dengan dikawal ketat personel TNI-POLRI. 


"Saya sebagai asisten operasi Pangdam yang merencanakan operasi pembebasan tersebut. Anggota yang kerja keras di lapangan mendapat penghargaan naik pangkat luar biasa," ujar suami dari Andria Giati Arie ini. Atas usaha dan perjuangannya, Pamen dengan klan Sampetoding ini, memanjatkan syukur. Yusuf Sampetoding sendiri sejauh ini telah mendapat tanda kehormatan berupa Satya Lencana Kesetiaan VIII/Thn,  Satya Lencana Kesetiaan XVI/Thn, Satya Lencana Seroja, Dharma Nusa, dan Satya Lencana Kep Nararya. (rus)

×
Berita Terbaru Update